fbpx
089505043410 info@mbproperti.co.id

Membersihkan rumah memang menjadi hal yang melelahkan. Namun hal ini penting dilakukan agar kesehatanmu dan keluarga tetap terjaga. Selain itu, membersihkan rumah akan menghindarkan hunian dari hama yang mengganggu seperti kecoak, nyamuk, semut, rayap hingga tikus dan kecoak. Karenanya, kamu perlu membersihkan rumah secara menyeluruh minimal seminggu sekali.

Berikut adalah 10 tips membersihkan rumah yang bisa kamu lakukan dalam sehari seperti dilansir dari Family Handyman, Selasa (16/2/2021).

1. Mulailah dengan piring kotor dan mencuci

Jika kamu perlu mencuci gorden atau sprei, masukkan semuanya ke mesin cuci sehingga bisa dibersihkan saat kamu mengerjakan bagian rumah lainnya. Jika kamu memiliki piring kotor di wastafel, bersihkan dan nyalakan mesin cuci piring saat kamu membersihkan ruangan lain.

2. Bersihkan dari atas ke bawah

Sekarang saatnya mulai membersihkan debu. Mulailah dari atas dan bawah. Bersihkan bilah kipas langit-langit, rak tinggi, lalu tutup bagian bawahnya. Dan lakukan hal yang sama di setiap ruangan.

3. Bereskan yang berantakan

Sekaranglah waktunya untuk membereskan barang-barang yang berantakan. Singkirkan barang, kembalikan semua pada tempatnya dan buang barang yang tidak lagi dibutuhkan. Kumpulkan pada kotak tersendiri untuk barang-barang yang bisa dijual atau didonasikan.

4. Bersihkan kamar mandi

Jika kamu memiliki lebih dari satu kamar mandi, akan lebih mudah untuk membersihkannya satu per satu. Semprot wastafel dengan disinfektan, bak mandi dan toilet dengan pembersih dan seka semuanya. Bersihkan cermin dan seka dinding, jika perlu.

5. Bersihkan dapur

Bersihkan semua meja dapur dan lap menggunakan disinfektan. Jangan lupa untuk membersihkan wastafel dan menyeka lemari dan peralatan.

6. Bersihkan lemari es

Keluarkan semua isi lemari es dan seleksi makanan mana yang masih bisa disimpan. Dengan menggunakan air sabun panas, seka semua rak, laci, dan pegangan. Tarik laci dan rak jika perlu untuk membersihkan semua celah dengan lebih baik.

7. Menyedot debu
Menggunakan pelapis, sedot semua furnitur berlapis kain milikmu. Untuk furnitur kayu atau anyaman, gunakan kain lap atau kain mikrofiber.

8. Pel

Sedot semua area berkarpet di rumah. Sapu jika perlu, termasuk di bawah furnitur dan di sudut sempit. Kamu juga bisa memindahkan furnitur untuk menyedot dan membersihkan bagian belakang. Mengepel dapur dan kamar mandi, serta ruangan lain yang perlu dipel. Tambahkan cairan pemutih pakaian pada cairan pel untuk menghilangkan kuman dari atas lantai.

9. Rapikan tempat mencuci

Pergilah ke ruang cuci dan buang semua produk lama atau wadah kosong. Bersihkan perangkap serat pengering jika perlu. Atur rak dan lemari. Rapikan juga semua baju-baju, dan atur menurut jenisnya.

10. Bersihkan area luar

Rapikan dek atau teras. Seka furnitur dengan air panas dan sabun. Ambil mainan atau perlengkapan apapun yang berserakan di depan dan simpan di garasi. Semprot area parkir mobil atau carport dengan air dan selang dan cabut rumput-rumput liar di halaman.