fbpx
089505043410 info@mbproperti.co.id

Banyak hunian dengan lahan minim menerapkan interior ala Skandinavian, maka tak heran jika desain ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya diterapkan di rumah mungil, gaya ini juga banyak dipakai pada apartemen yang berukuran sempit karena karakteristiknya yang memberi kesan luas pada ruangan. Jika Anda ingin menerapkan interior bergaya Skandinavian di rumah, berikut ini tipsnya dilansir Lamudi Indonesia.

1. Warna netral mendominasi
Bicara desain interior bergaya Skandinavian, tentunya tidak akan terlepas dari skema warna netral seperti putih, abu-abu, hitam dan kecokelatan. Interior dengan pemilihan warna-warna di atas bukan saja dapat memberikan rasa tenang dan nyaman pada penghuninya. Tapi juga bisa menonjolkan warna furnitur yang ada di dalam ruangan tersebut.

2. Less is more
Salah satu ciri khas yang ditampilkan dari desain interior Skandinavian adalah less is more. Setiap furnitur disusun secara sederhana dan fungsional. So, sangat disarankan untuk memilih furnitur, yang tidak menyulitkan ruang gerak penghuni dari barang-barang yang tidak diperlukan. Jika suka, kabinet dan rak bisa menjadi alternatif sebagai ruang penyimpanan dekorasi tanpa mengurangi esensi “less is more”.

3. Lantai kayu
Untuk menonjolkan gaya Skandinavian yang kental, pilihlah material yang terbuat dari kayu atau material penutup lantai yang berwarna netral. Kedua hal ini dapat memberikan kesan luas dan hangat, bahkan juga memberikan pencahayaan yang lebih baik pada ruangan Anda. Selain material di atas, kamu juga bisa menggunakan plester abu-abu dan keramik untuk lantai rumah bergaya Skandinavian loh. Saat ini meterial penutup lantai berbahan kayu atau keramik dengan berbagai desain yang cocok untuk desain Skandinavian sudah banyak dijual oleh marketplace.

4. Furnitur yang sederhana
Furnitur bergaya Skandinavia selalu menonjol dengan konsep dekorasi minimalis, yang menggunakan jendela besar serta tirai tipis yang berwarna netral. Hal ini sendiri dilakukan agar hunian mendapat pencahayaan yang maksimal. Oh iya, kamu juga bisa loh menempatkan beberapa tanaman segar di sudut ruangan, untuk menambah keasrian dari ruangan tersebut.

5. Material kayu
Menonjolkan gaya Skandinavian yang kental, bukan saja bisa ditonjolkan dari material penutup lantai yang berwarna terbuat dari kayu. Tapi juga dari penggunaan material alam untuk mendominasi furnitur, atap, dan dinding hunian Anda. Penggunaan kayu juga dapat memberikan kesan hangat, nyaman, dan membuat penghuninya merasa betah

6. Tanaman
Skandinavia juga dikenal dengan konsep kembali ke alam, maka tanaman bisa Anda gunakan sebagai dekorasi di luar maupun dalam rumah. Anda bisa menggunakan tanaman berukuran sedang atau kecil. Tambahkan pot teracota atau tambahan keranjang rotan untuk mempercantik tampilan. Simpan di sudut ruang, di atas meja atau di rak khusus. Beberapa tanaman yang bisa Anda beli seperti lidah mertua, sirih gading, atau tanaman kaktus yang kecil.