fbpx
089505043410 info@mbproperti.co.id

Ketika kamu memutuskan untuk merenovasi rumah, salah satu rintangan terbesar yang harus diatasi adalah biaya renovasi rumah. Tetapi, menurut kontraktor ahli dari Calgary Home Renovations oleh Aspire, sebenarnya kamu bisa menghemat uang untuk proyek renovasi rumah.

Agar bisa berhemat saat renovasi rumah, kamu harus melakukan beberapa tips di bawah ini, seperti dikutip dari Roohome, Rabu (17/2/2021).

1. Buat anggaran

Tidak memiliki anggaran adalah salah satu kesalahan terbesar dalam setiap proyek renovasi. Jika kamu tidak memiliki gambaran yang jelas tentang berapa banyak yang akan kamu belanjakan sebelum pekerjaan dimulai, seringkali pemborosan akan terjadi. Karena kamu justru akan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Untuk itu, sebelum memanggil kontraktor, luangkan waktu untuk menentukan berapa banyak biaya yang kamu anggarkan untuk renovasi rumah. Kemudian, dengan bantuan kontraktor, dapat menemukan cara untuk mematuhi anggaran tersebut.

2. Menghemat biaya material

Menghemat uang untuk renovasi rumah membutuhkan usaha. Kamu harus memperhatikan biaya material agar anggaranmu tetap terkendali. Kamu memiliki beberapa opsi untuk mengurangi biaya ini, seperti membeli bahan bangunan daur ulang atau bekas, seperti westafel atau kloset. Dengan menggunakan bahan daur ulang atau bekas, kamu bahkan mungkin bisa mendapatkan harga yang bagus untuk barang-barang berkualitas mewah yang tidak mampu dibeli jika masih baru.

3. Carilah penawaran khusus dan diskon

Peralatan termasuk dalam biaya material. Jika kamu merenovasi dapur atau ingin memasang peralatan mekanis lainnya, tunggu sampai peralatan ini mulai dijual diskon atau adanya penawaran khusus. Jika kamu sudah memiliki rencana untuk merenovasi rumah, belilah alat-alat dan bahan-bahan yang bisa kamu beli saat sedang diskon.

4. Bayar tunai atau debit

Jika memungkinkan, bayarlah biaya renovasi dengan uang tunai atau debit. Kamu harus mencoba menghindari penggunaan kredit atau pinjaman untuk membayar material dan biaya kontraktor. Dengan membayar tunai, kamu akan terhindar dari suku bunga tinggi untuk mendanai renovasi rumahmu. Kamu juga dapat berbicara dengan toko bangunan tentang harga khusus yang seringkali tersedia bagi pelanggan yang membayar tunai untuk renovasi rumah, apalagi jika kamu memberlinya dalam partai besar.

5. Lakukan renovasi secara bertahap

Renovasi bukanlah proyek yang terburu-buru. Orang yang tidak sabar untuk segera menyelesaikan renovasi, seringkali menyesali keputusan mereka di kemudian hari. Lebih baik menabung terlebih dahulu dan miliki anggaran yang cukup untuk jaga-jaga jika budget membengkak karena berbagai alasan. Kamu juga bisa mengatur waktu dengan kontraktor dan meminta mereka menjadwalkan renovasi saat tidak banyak orang yang menggunakan jasa mereka. Dengan demikian, proyek renovasimu akan mendapat lebih banyak perhatian dan bahkan mungkin menghabiskan lebih sedikit biaya.

6. Cari beberapa opsi

Jangan berkonsultasi dengan satu kontraktor saja. Ada baiknya kam berbicara pada dua atau lebih kontraktor tentang rencana renovasi rumah. Dengan begitu kamu bisa membandingkan harga dan memilih harga yang paling cocok.

7. Jual perabot lama

Jika kamu akan merenovasi dapur dan ingin membeli peralatan baru, kamu bisa menjual peralatan lamamu di situs penjualan online. Orang-orang sering mencari barang-barang ini dan membayar harga yang pantas untuk peralatan yang terawat atau masih berfungsi dengan baik. Bahkan jika tidak berfungsi, biasanya ada pembeli yang bersedia membeli barang bekas seperti ini untuk suku cadang atau perbaikan.

8. Cerdas dan hemat saat merenovasi rumah

Renovasi rumah tidak harus merusak anggaranmu. Dengan perencanaan yang matang, kecerdikan dan kontraktor yang hebat, kamu dapat menghemat uang untuk proyek renovasi rumahmu.