fbpx
089505043410 info@mbproperti.co.id

Semua orang mengerti manfaat olahraga adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya di tengah pandemi ini, banyak sekali keterbatasan dalam berolahraga sehingga beberapa risiko masalah kesehatan pun meningkat, seperti penyakit jantung, obesitas, gaya hidup kurang gerak, dan juga masalah psikologis.

Praktisi kesehatan, dr Boy Abidin mengatakan, salah satu cara menjaga kekebalan tubuh adalah dengan tetap berolahraga walaupun kondisi sedang pandemi.

“Bukan alasan ketika pandemi tidak melakukan kegiatan olahraga, dan olahraga yang baik adalah yang berkeringat” kata dr Boy Abidin dalam keterangan pers yang diterima VIVA, belum lama ini.

Menurut dr Boy Abidin, 35% orang Indonesia kurang olahraga atau beraktivitas fisik, dan itu akan berdampak terhadap kesehatan. Antara lain adalah obesitas, metabolisme yang lambat, insomnia, dan rentan terserang penyakit yang kronis.

“Prinsip olahraga yang harus diperhatikan adalah F, I, D, T atau Frekuensi, Intensitas, Durasi, Tipe atau jenis olahraga yang ingin dilakukan,” kata dokter Boy Abidin

Lebih lanjut Dr Boy menuturkan, frekuensi (F) merupakan lamanya waktu yang digunakan si atlet ketika berolahraga dalam seminggu. Idealnya, seminggu ada baiknya dilakukan 3 sampai 5 hari dalam seminggu.

“Dengan frekuensi 3x seminggu, akan memberikan hasil. Dengan frekuensi 5x seminggu, akan menurunkan berat badan,” kata dia.

Sedangkan intensitas ketika berolahraga merupakan berat dari olahraga yang dilakukan. Sebab, antara olahraga yang satu dan lainnya memiliki intensitas yang berbeda.

Selanjutnya, kata dia, durasi merupakan waktu atau lamanya seseorang melakukan olahraga dalam sehari. Bila Anda melakukan olahraga hanya mampu selama 10 menit, itu tidak menjadi masalah. Daripada tidak berolahraga sama sekali, lebih baik dilakukan walaupun hanya sebentar.

“Idealnya 30 sampai 60 menit. Tapi kalau mampu hanya 10 menit, ya itu masih lebih baik ketimbang tidak sama sekali,” kata dr boy menjelaskan. Dan hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jenis dan tipe olahraga.

Berikut tips dan trik dalam berolahraga di tengah pandemi:

1. Berinovasi dan beradaptasi untuk selalu dapat melakukan olahraga apapun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu

2. Manfaatkan segala sesuatu yang ada di rumah

3. Cukup istirahat

4. Cukup asupan gizi

5. Menjaga metabolisme tubuh

6. Selalu membersihkan diri dengan sabun agar terasa lebih segar.

Sementara itu Lifebouy FRESH Variant menjalin kemitraan bersama PSSI untuk mendukung, dan menyegarkan kembali semangat olahraga dan dunia sepakbola Indonesia. Sebagai Official Hygiene Partner Tim Nasional, Lifebouy FRESH Variant bersama PSSI akan turut aktif mengkampanyekan berbagai kegiatan dalam gerakan #BersatuSegarkanIndonesia.

Adapun hal yang dilakukan meliputi kegiatan kompetisi online pertama ala liga sepakbola yang nantinya akan dapat langsung virtual meet up bagi para pemenang dengan bintang sepak bola favorit salah satunya adalah Bambang Pamungkas.